Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q

Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q
be my self

Rabu, 18 November 2009

Radiasi Ponsel

RADIASI PONSEL GANGGU KUALITAS TIDUR MALAM
Radiasi telpon seluler ( ponsel ) telah lama diduga berdampak nuruk bagi kesehatan. berdasarkan penelitian tebaru, Radiasi ponselpun bias mengganggu kualitas tidur seseorana.
Ketika memakai ponsel sebalum tidur akan menghalangi anda mendapatkan tidur yang berkualitas. demikian hasil studi digelar di Swedia dan Amerika Serikat.

Penelitian yang didanai beberapa perusahaan ponsel mengindikasikan bahwa radiasi dari hanset dapat menimbulkan sejumlah gangguan seperti imsomnia, sakit kepala dan pusing - pusing.

Radiasi juga dapat menurubkan durasi tidur lelap sehingga mengganggu kemampuan tubuh anda memulihkan diri.

Penelitian yang dilakoni oleh para ahli dari Karolinska Institute di Swedya dan Wayne State University di Amerika Serikat itu, melakukan riset tentang radiasi ini dengan dukungan dana dari mobile manufacturers Forum

Para Ahli melibatkan sebanyak 35 pria dan 36 Wanit aberusia 18 hingga 45 sebagai partisipan dalam penelitian.

Selama Riset para partisipan dikondisikan mendapat efek radiasi yang setara dengan jumlah yang diterima ketika seseorang menggunakan ponsel . bebrapa partisipan lain juga harus menjalani kondisi yang serupa, namun tanpa diberi efek radiasi.

Setelah Stimulasi tersebut usai, terungkap bahwa partisipan yang diberikan efek radiasi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk masuk ketahap pertama dari beberapa tingkatan tidur nyenyak. ( deep sleep ).
Partisipan ini juga menghabiskan waktu sebentar saja pada tahap tidur paling dalam. salah satu peneliti , professor Begt Arnetz, mengatakan riset ini mengindikasikan penggunaan ponsel berhubungan dengan perubahan khusus pada bagian otak yang berfungsi mengaktifkan dan mengkoordinasikan sistem stress.

Teori lainnya yang muncul adalah radiasi dapat mengganggu produksi hormon melatonin , yang berfungsi mengatur ritme tbuh secara internal.

Dari riset inipun terungkap behwa setengah dari total partisipan mengalami gangguan yang disebut elektro sensitive. Mereka mengalami bebeapa gejala seperti sakit kepala , gangguan fungsi kognitif akibat penggunaan ponsel.

“ Bukti - bukti sekarang semakin menguatkan bahwa kita seharusnya menangani cara ini dengan cara yang sifatnya mencegah. Riset ini menganjurkan jika anda memang harus menelepon di malam hari , akan lebih baik menggunakan telepon kabel, dan jangan simpan ponsel anda dimeja dekat tempat tidur,” ungkap Alasdir Philips direktur Powerwatch, yang meneliti dampak electromagnet terhadap kesehatan.

Tidak ada komentar: