Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q

Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q
be my self

Jumat, 05 September 2008

Manfaat Tomat, Buah Kelapa dan Daun Kelor

Artikel dibawah ini bersumber dari: Majalah KEMALA BAHAYANGKARI, Oleh Dra. Ratih S. Artikel tersebut ditulis kembali oleh Partisimon Partogi

Sayur mayur kaya akan mineral, protein, lemak, karbohidrat serta vitamin dan serat, membantu pencernaan makanan, marangsang nafsu makan dan mengaktifkan kelenjar air ludah, pankreas dan hati, dan juga merangsang pengeluaran cairan lambung. Sayuran membantu proses kimiawi pencernaan daging, ikan dan lemak. Protein sayuran ternyata sama baik dengan protain hewan. Daun pisang, daun tebu, kubis dan sayuran daun hijau lain dapat dipergunakan sebagai sumber protein murah. Beberapa macam sayuran seperti labu dan mentimun berkasiat memperlancar pengeluaran air seni, sehingga dapat mencegah penyakit oedema, ginjal dan penyakit jantung di samping hipertensi. Berbagai mineral dalam kacang-kacangan dan sayuran buah penting untuk pembentukan darah.

Makan banyak sayuran mentah dapat membuat anda awet muda dan segar selalu. Serat sayuran membantu mengembangkan usus sehingga sembelit dapat dicegah. Serat selulose dalam bit, kubis, wortel, mentimun dan kacang polong membantu mengatasi gangguan kolesterol. Sayur-sayuran seperti labu, tomat, daun selada dan kentang membantu menyembuhkan peradangan usus. sari sayrur-sayuran dapat juga berkhasiat besar.


TOMAT

Makan tomat pada pagi hari ternyata bermanfaat mencegah pembentukan batu dalam saluran kencing. Satu atau dua butir tomat matang dimakan setiap pagi hari selama beberapa bulan, baik bagi anda yang sedang berdiet. Berat tubuh cepat turun tetapi kesehatan tetap terjamin.

Tomat juga ideal untuk pengobatan penderita kencing manis. Segelas penuh sari tomat dicampur dengan sejemput garam dan lada,dimunum setiap pagi, merupakan obat paling aman untuk menyembuhkan mual-mual dipagi hari, ganggan empedu, gangguan hati,sakit pencernaan, sakit kuning, pembentukan gas teralu banyak dalam usus, sembelit, rasa nyeri pada usus dan lambung (maag) dan sakit dada karena hiatus hernia. Makan tomat setiap pagi dikatakan dapat menyembuhkan penyakit lever, encok, sakit kulit, tuberkulosa dan asma. Buah tomat kaya akan garam kalium dan beberapa vitamin dan dianjurkan untuk dimakan oleh penderita metabolisme dan sakit jantung.

Segelas sari tomat dicampur dengan madu dan sejemput bubuk kapulaga dan diminum setelah menelan 3 siung bawang putih tiap malam sebelum pergi tidur merupakan tonikum berkhasiat dalam penyembuhan tuberkulose dan penyakit dada yang lain. Tomat dapat menambah daya perlawanan tubuh dan mencegah pembentukan daya tahan bakteri terhadap obat-obatan, terhadap kambuhnya bakteri yang biasa terjadi dalam kasus tuberkulose.

Tomat berkhasiat mengurangi kongesit (penyempitan) saluran pernafasan dan mengontrol aliran darah serta mengurangi kejang-kejang urat. Bagi penderita asma, minum sari tomat yang dibubuhi sesendok teh bubuk kunyit, sekali sehari ternyata mengurangi kesulitan bernafas. Sari tomat segar dicampur madu berkhasiat membersihkan darah dan menyembuhkan penyakit kulit yang kronis, menurunkan suhu tubuh pada hari-hari panas atau ketika sedang menderita
demam dan mengatasi rasa bingung, tidak bisa tidur, sembelit dan sebagainya.

Vitamin C dalam tomat menambah kesiapsiagaan mental dan menjaga tubuh serta pikiran agar tetap segar. Sari buah tomat juga dapat diberikan kepada mereka yang baru sembuh dari demam yang berlarut-larut. Bila anda makan sebuah tomat mentahdan segar setelah selesai makan hidangan tanpa sayur, tomat selain mudah mempercernakan makanan, juga untuk mencegah ekstra asam lambung.

Kulit luar tomat dapat dipakai sebagai alat kosmetika. Bila anda mengalami jerawat, salah satu obat untuk mengatasi jerawat adalah buah tomat. Tutuplah wajah anda dengan tomat, biarkan selama satu jam, kemudian cucilah dengan air hangat. Ulangi setiap hari dan jerawat anda akan lenyap.

Isi bijinya yang dipanggang dpaat mencegah pecahnya bisul dan sekaligus penyembuhannya. sari dari seluruh tanamana tomat, dicampur dengan minyak wijen yang sama jumlahnya, didihkan sampai air menguap dan tinggal minyaknya. Gunakanlah untuk memijat sandi tulang yang keseleo, lalu kompreslah dengan kompres hangat. Daun tomat juga dapat dimakan sebagai sayur dan berkhasiat bagi penderita encok dan sabagainya. Bunga tomat yang dipanggang bila dimakan akan dapat menyembuhkan gangguan pencernaan dan terlalu banyak gas adalam perut.

KELAPA

Daging kelapa mengandung berbagai macam enzim. Daging kelapa yang tampaknya seperti agar-agar itu tak berserat dan mudah dicernakan, oleh karena itu setelah dicampur dengan pisang yang dilembutkan dan susu, dapat diberikan kepada anak-anak kecil. Ramuan ini juga dapat diberikan kepada yang sakit pencernaan, tukak lambung, kejang usus, saikt kuning, diare
dan sakit wasir. Diletakkan pada bisul, bisulnya akan sembuh lebih cepat. Santan kelapa muda baik untuk penderita kekurangan protein, kurang vitamin D dan tuberkulosa perut.

Minum segelas santan dipagi hari kemudian disusul dengan minum kastor (kira-kira 25 gram), untuk membinasakan cacing pita. Makan sepotong kelapa muda dengan gula jawa, akan memperkuat gusi pada anak serta mencegah sakit gigi sampai batas usia tertentu.

Bila ada rasa kering dalam dada, kesenduan, tukak lambung, tak bisa tidur, akan segera sembuh bila minum ramuan: Gilinglah kelapa segar dengan segelas air kelapa muda, gula batu dan sebutir kapulaga. Pijitlah wajah anda dengan daging kelapa yang segar (kira-kira 25 gram) setiap hari, niscaya jerawat akan hilang.

Santan dicampur beberapa tetes gliserin merupakan obat pemutih wajah dan perawat tangan serta telapak kaki yang pecah-pecah. Air kelapa muda merupakan air yang steril,alamiah dan
mengandung kadar kalium dan khlor, khlorin tinggi. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik (memperlancar pengeluaran air seni). Air kelapa muda dicampur dengan air jeruk sitrum bermanfaatuntukmengatasi dehidrasi, juga untuk melawan cacing dalam tubuh anak.

Susu yang dicampur dengan air kelapa baik untuk makanan anak dan mencegah pengumpulan
susu dalam perut, muntah, sembelit dan sakit pencernaan. Air kelapa muda membantu mengatasi pengaruh racun-racun obat sulfa dan antibiotika lain, menjadikan obat-obat itu
cepat diserap darah.

Jerawat dan noda-noda akan cepat hilang apabila anda rajin mencuci muka dengan air kelapa muda setiap hari, juga untuk muka yang mengering akan tampak wajah anda akan berseri.

Campurkan 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa dan biarkan semalam, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah, aduk sampai rata. Sisihkan lagi tanpa mengganggu selama 3 hari, aduk baik-baik dan saringlah melalui tiga lapis kain kasa. Simpanlah bahan yang diperoleh dalam botol dan oleskan pada muka dua kali sehari, untukmenyembuhkan jerawat.

Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda dalam tempurung, sampai beras terasa asam karena peragian. Kemudian gilingkanlah beras itu sampai halus. Gunakanlah setiap hari selama tiga atau empat hari untuk menyembuhkan jerawat, gatal-gatal telapak kaki, pecah-pecah dan exsim.

Air kelapa muda dicampur dengan sejemput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran yang sama merupakan obat luka bakar. Dan air kelapa ini dicampur dengan sedikit madu merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat, ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah sex yang berlebihan. Air kelapa juga baik untuk sakit bronhitis kronis dan wasir.

Ramuan minyak kelapa dari sari jeruk yang dioleskan pada kulit kelapa mencegah kerontokan rambut dan membantu menumbuhkan rambut yang sehat berkilau. Minyak kelapa yang digosokkan ke sekeliling panyudara akan membuat panyudara menjadi kencang. Minyak kelapa asli dicampur dengan sejemput bubuk kunyit, dapatdigunakan untuk mengobati vaginiris (radang vagina) yang disebabkan oleh jamur.

Bakarlah sabut kelapa yang lembut sampai menjadi abu, lalu campurkan satu sendok teh abu itu dengan air kelapa muda serta gula pasir, dimunim dua kali sehari? khasiatnya? konon dapat menyembuhkan pendarahan berlebihan selama haid, wasir, muntah karena gangguan empedu, asam yang berlebihan dalam perut, sakit tenggorokan dan tukak lambung.

Secangkir air rebusan sabut kelapa dicampur dengan madu berkhasiat sebagai obat pembasmi cacing gelang dan cacing pita ditambah dengan sari jeruk nipis, sedikit biji anggur yang kering, sejemput kapulaga dan garam, ramuan ini baik sebagai obat anti muntah-muntah dipagi hari selama ngidam.

Daun Kelor

Daun kelor merupakan sumber asam amino yang penting bagi tubuh. Segelas air perasan daun kelor birisi protein sebanyak yang terdapat dalam 100 gram daging. Air daun kelor dicampur dengan sari jeruk nipis,lada, garam dan diminum setiap hari akan berfungsi sebagai tonikum pencegah gangguan karena kurang gizi,anemia (kurang darah), tuberkulose, asma,sering mederita panas dingin dan bronkhitis. Sari daun kelor konon membuat awet muda.

Sesendok teh sari daun kelor dicampur dengan sesendok teh madu dan segelas air kelapa muda, diminum dua atau tiga kali sehari merupakan obat manjur untuk penyakit disentri, diare, radang usus besar dan sakit kuning.

Secangkir sari daun kelor segar dipanaskan dengan merendam wadahnyadalam air panas, lalu disaring, cairan yang jernih itu dicampur dengan sedikit susu dan diminum sekali kali sehari, sebagai obat untuk menyucikan darah dan menggalakkan daya tahan tubuh.

Sesendok makan sari daun kelor segar dicampur dengan sedikit madu dan diminum setiap hari dan sebelum tidur, berkhasiat menyembuhkan rabun malam, lemah ingatan, kehilangan daya penciuman dan daya pendengaran. Bila diminum dengan sari jeruksitrun,dapat menyembuhkan
pusing-pusing, wasiryang banyak mengeluarkan pendarahan, pendarahan hidung, kesedehan, gangguan empedu, gangguan pencernaan, mudal-mual apdapagi hari dan penyerapan gizi pada darah yang kurang lancar.

Demikian kutipan artikel diatas dari: Majalah Kamala Bhayangkari, ditulis oleh Dra. ratih. S

===========================
Beberapa Link yang bisa dikunjungi :
===========================

1. Directory Bisnis Indonesia
2. Grosir Pakain Online
3. Belajar Bahasa inggris
4. Arsip Bisnis Indonesia

4 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih yaa informasinya...
gw coba dulu nih buah tomatnya.. mudah"an bisa ilangkan sakit kuning..
tnX..

Obat Kolesterol mengatakan...

terima kasih yaa informasinya...
gw coba dulu nih buah tomatnya.. mudah"an bisa ilangkan sakit kuning..
tnX..

Agen Jamkho di Jogja mengatakan...

terima kasih informasinya

Agen Jamkho Jogja mengatakan...

nice info