Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q

Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q
be my self

Sabtu, 27 September 2008

Kejujuran

Secara Hurufiah jujur berarti: berbicara, bertindak, bersikap apa adanya, tidak menyembunyikan, terang-terangan. Dunia masa kini adalah Dunia yang kekurangan orang jujur. bisa di bilang sangat sulit kita menemukan orang jujur. itu sebabnya dunia mempunyai prinsip " jangan terlalu jujur nanti sulit kaya". falsafah ini telah merusak dalam berbagai bidang / segi kehidupan manusia. akibatnya krisis moral yang terjadi.

sebuah illustrasi yang berjudul KEJUJURAN TIDAK PERNAH MERUGIKAN. akan saya paparkan buat sipembaca, semoga bisa berguna bagi kehidupan banyak orang. disamping itu setiap makna dari kejujuran itu sangat berguna bagi segenap insani yang bermoral dan menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan bermasyarakat.

KEJUJURAN TIDAK PERNAH MERUGIKAN

Seorang pengusaha sukses, mau mencari seseorang yang dapat dipercaya untuk mengambil alih bisnisnya karena usianya yang sudah semakin tua. Ia memutuskan untuk tidak menyerahkan perusahaannya kepada anak-anaknya maupun direktur di perusahaan. Ia mau melakukan sesuatu yang berbeda.

Ia memanggil seluruh eksekustif muda di perusahaannya dan berkata, " sudah tiba waktunya untuk saya untuk mengundurkan diri dan memilih seorang pengganti dari antara kalian". Para eksekutif muda itu terkejut tapi bos mereka melanjutkan. " saya akan memberikan setiap dari anda satu benih hari ini, benih yang sangat spesial , saya mau anda menanam benih ini, menyiramnya dan datang kembali kepada saya satu tahun dari hari ini dengan membawa tumbuhan yang bertumbuh dari benih yang akan saya berikan ini. saya akan menilai tumbuhan yang anda bawakan, dan dari itu saya akan memilih orang yang akan menggantikan saya".

Salah seorang dari bawahannya, Jim juga termasuk yang diberikan benih dan sama seperti yang lainnya, Ia pulang dan dengan penuh semangat memberitahu istrinya seluruh kisah itu. istrinya membantunyamencari pot, tanah dan pupuk dan Jim menanam benih itu. Setiap hari tanpa gagal, ia akan menyiramnya dan memerhatikan apakah benih itu sudah bertumbuh.

Setelah sekitar tiga minggu, teman-temannya yang lain mulai bercerita tentang benih-benih mereka dan sudah bertunas dan semakin membesar. Jim terus mengecek benihnya tetapi sama saja tidak ada perubahan. tiga minggu, empat minggu, lima minggu berlalu, tetapi masih saja tidak terjadi apa-apa. Setiap hari teman-temannya yang lain berbicara tentang perkembangan tanaman mereka, tetapi Jim tidak mempunyai sesuatu untuk dibicarakan. Ia merasa seperti seorang pecundang.

Enam bulan sudah berlalu dan masih tidak ada tanda-tanda di pot. Jim tahu ia telah membunuh benih itu. semua yang lain sudah mempunyai tumbuhan yang besar-basar, tetapi ia tidak mempunyai apa-apa. Jim tidak berkata apa-apa kepada teman-temannya. tetapi ia tetap setia menyiram dan memberi pupuk kepada benih itu. Ia begitu menginginkan benih itu untuk bertumbuh.

Akhirnya satu tahun sudah berlalu dan semua eksekutif perusahaan itu membawa tanaman mereka untuk diperlihatkan kepada bos mereka. Jim memberitahu istrinya bahwa ia tidak akan membawa potnya yang sama sekali tidak ada tanda kehidupan. tetapi istrinya memintanya untuk bersikap jujur tentang apa yang telah terjadi. Jim tahu bahwa hari itu adalah detik-detik yang paling memalukan dalam hidupnya, namun disisi lain ia juga tahu bahwa apa yang dikatakan istrinya itu benar. ia membawa potnya yang kosong dan masuk keruang rapat.

Saat ia masuk keruang rapat ia begitu ditakjubkan melihat berbagai tanaman yang dibawakan teman-temannya. semuanya begitu kelihatan indah, dalam semua bentuk dan ukuran. melihat potnya beberapa dari koleganya ketawa, dan beberapa mengasihani dia.

Ketika bosnya tiba, ia memandang keseluruh ruangan dan menyapa semua pegawainya. Jim berusaha menyembunyikan dirinya dibelakang koleganya. " Wah, begitu hebat tanaman, pohon dan tumbuh-tumbuhan yang telah kalian tanam", kata sang bos, " hari ini salah satu dari kalian akan dilantik menjadi ketua pimpinan perusahaan ini!"

Tiba-tiba sang bos melihat Jim di pojok ruangan bersama potnya yang kosong.ia memerintahkan direktur keuangan untuk membawa Jim kedepan. Jim ketakutan. Ia membatin, " Bos pasti berfikir bahwa saya ini pecundang! mungkin ia akan memecat saya. Saat sudah berada didepan, sang bos bertanya apa yang telah terjadi dengan benihnya. Jim dengan jujur menceritakan apa yang terjadi. bos lalu meminta semua orang duduk kecuali Jim. Ia memandang kepada Jim dan mengumumkan kepada semua orang , " inilah pemimpin perusahaan kita yang baru!"Jim nyaris tidak percaya, ia tidak berhasil membuat benih itu bertumbuh. bagaimana mungkin ia dinobatkan menjadi pemimpin baru perusahaan itu!

Lalu sang bos berkata, " satu tahun yang lalu , saya memberikan setiap dari anda satu benih. saya menyuruh anda menanam benih itu dan membawanya kembali kepada saya hari ini. tetapi saya telah memberi anda semua benih-benih yang telah saya masukkan kedalam air mendidih ; benih-benih itu mati - sama sekali tidak mungkin untuknya bertumbuh. semua dari anda kecuali Jim membawakan saya pohon-pohon, tanam tanaman, dan bunga-bunga. disaat anda melihat benih-benih itu tidak bertumbuh, anda telah menggantinya dengan benih yang lain. hanya Jim yang merupakan satu-satunya orang yang memiliki keberanian dan kejujuran untuk membawakan saya pot berisi yang saya berikan. dengan demikian, ia lah orang yang akan saya tunjuk menjadi pemimpin perusahaan ini!

Jika Anda menanam kejujuran, Anda akan menuai kepercayaan

jika Anda menanam kebaikan, Anda akan menuai sahabat-sahabat

jika Anda menanam kerendahan hati, Anda akan menuai kebesaran

Jika Anda menanam ketekunan, Anda akan menuai kepuasan

jika anda menanam kerja keras, Anda akan menuai kesuksesan

jika anda menanam pengampunan , Anda akan menuai perdamaian


Tidak ada komentar: