Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q

Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q
be my self

Jumat, 11 Juli 2008

Lima Kebiasaan Peningkatan Kecerdasan Ragawi

SEHAT ADALAH SEBUAH PILIHAN

Health is not everything, but everything is nothing without health

Memiliki umur panjang tanpa dibarengi dengan berbagai penyakit atau kegagalan fungsi organ tubuh adalah idaman setiap orang. sayangnya kita sering tenggelam dalam aktivitas sehari-hari sehingga lupa untuk menjaga tubuh agar senantiasa produktif.


Waktu sering menjadi kendala bagi banyak orang yang merawat dan meningkatkan kebugaran tubuhnya. namun sebenarnya ini adalah masalah prioritas. banyak orang bahkan termasuk kita, menganggap bahwa merawat kesehatan memang penting, namun tidak harus segera dilakukan, sehingga kitapun sering lalai untuk segera melakukannya.


Unsur penting dalam membangun kecerdasan ragawi adalah melalui serangkaian kebiasaan baru yang secara disiplin dilakukan terus sehingga akhirnya tertanam dalam alam bawah sadar kita , dan mengubah sikap, pola pikir dan pola tindak kita.


Untuk melakukan lima kebiasaan dalam hidup, secara rutin dan konsisten, dalam jangka panjang dan memberikan efek kumulatif untuk mengubah hidup kita menjadi seimbang, berkualitas, dan bervitalitas. sehingga akhirnya kita mampu mengatakan pada diri kita , " saya bertambah Sehat dan Bugar setiap hari ".


KEBASAAN # I

BUGAR dalam 30 Menit.


Tidak Pernah ada kata terlambat untuk melakukan latihan fisik atau olahraga. banyak orang beralasan tidak memiliki waktu untuk berolahraga. padahal, menurut beberapa penelitian, saat ini kita memiliki lebih banyak waktu dibandingkan saat masih di 1960-an. tapi apa yang terjadi? setiap detik kita cenderung menimbun diri kita dengan lebih banyak tugas dikantor. dan berkat kemajuan tehknologi, dalam waktu kurang dari satu jam, kita dapat melakukan berbagai hal, mulai dari membaca berita, menelepon teman, menyusun laporan kerja, merencanakan liburan, sampai membeli sidi terbaru favorit kita- tanpa harus beranjak dari tempat duduk kita.


Alhasil begitu tiba dirumah , kita merasa begitu kelelahan sehingga hanya mampu duduk disofa sambil menonton TV. tidak jarang pula kita menghabiskan berjam-jam didepan layar kaca dalam satu hari. waktu senggang lima jam itu, pun jadi tidak berarti, dan kita selalu mengeluh tidak punya waktu untuk berolahraga. padahal seseorang dapat mempertahankan tingkat kebugarannya dan meningkatkan kemampuan fisiknya dengan berolahraga.


Tingkat kebugaran setiap orang memang berbeda-beda,namun jika setelah melakukan pekerjaan, kita masih memiliki cadangan tenaga, artinya kita bugar . menurut Dokter spesialis kesehatan olah raga Dr. Hario, untuk meningkatkan kebugaran , kita bisa melakukan latihan fisik 3-5 kali dalam seminggu selama 20-60 menit sekali berlatih dengan instensitas yang cukup. instensitas olahraga bisa diketahui dengan menghitung denyut nadi permenitsetelah berolahraga. kalau denyut nadi setelah mencapai 60-80% dari denyut nadi maksimal permenit (220-usia kita), artinya latihan kita sudah optimal.

Mendengar kata olahraga, orang cenderung memengasosiasikannya dengan latihan-latihan terstruktur, seperti aerobik atau joging. tidak sepenuhnya salah, sih. untuk mencapai tingkat kebugaran tertentu, sebuah program olahraga yang terstruktur harus mencakup tiga macam latihan kekuatan jantung, latihan beban untuk menguatkan dan mengembangkan otot dan latihan fleksibilitas dengan melakukan perenggangan.

Sebuah penelitian di Cooper Institute For Aerobic Research, Dallas, As, mengungkapkan bahwa pria dan wanita yang lebih banyak waktu untuk bergerak dalam kegeatan harian mereka - dengan menaik tangga dari pada lift atau memarkir mobil mereka lebih jauh saat berbelanja- mengalami peningkatan kebugaran, penurunan tekanan darah dan pengurangan lemak tubuh.

Beberaa ahli menemukan hal yang serupa, menemukan bahwa mereka yang melakukan aktivitasfisik sehari-hari selama 30 menit, menurunkan bobot tubuh sekitar 4,5 kilogram dalam waktu 16 minggu. infestasi waktu yang sedikit ternyata memberi keuntungan yang banyak. kuncinya kita harus sedapat mungkin menumukan peluang untuk aktif bergerak dalam kegiatan harian kita. " intinya, tubuh diberi beban tertentu supaya jantung dapat memompa dan otot dibebani sehingga menjadi lebih kuat.

Berikut dijelaskan beberapa ide untuk meningkatkan aktivitas fisik kita sehari-hari

  • Dua kali naik turun setiap hari. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa naik turun tangga sebanyak dua kali setiap hari dapat memangkas 2,7 kilogram bobot tubuh kita dalam jangka waktu setahun.
  • Memasak sendiri . Menyiapkan makan malam dapat membakar dua kali lebihbanyak kalori dibandingkan jika kita menelpon jasa pesan antar, dan kemudian duduk selama 20 atau 30 menit menunggu si pengantar makanan datang. karena itu sedikit luangkan satu malam untuk memasak makan malam keluarga.
  • Olahraga di kantor. Satu jam, luruskan dan renggangkan kedua kaki sebanyak 10 kali, berdiri dan berjinjit sebanyak 10 kali, dan renggangkan kedua tangan keatas , kembali duduk dan lanjutkan pekerjaan kita.
  • Berfikir dengan kaki. Setiap kali kita hendak menyusun sebuah daftar atau mencatat sesuatu, lakukan smbil berdiri.
  • Bergeraklah. Begitutelepon berdering, berdirilah dan jangan duduk sampai percakapan di telepon selesai.
  • Manfaatkan jeda iklan. Setiap malam lukukan aktifitas ringan setalah jeda iklan saat kita menonton sebuah acara TV.

KEBIASAAN # 2

Mengolah Pernapasan

Pernapasan yang baik dan teratur dapat menurunkan frekuensi gelombang otak, sehingga kita menjadi lebih relaks dan kreatif, serta dapat meningkatkan penyembuhan dan perbaikan sel kita sendiri. oksigen memang diperlukan bagi metabolisme tubuh. tindakan menarik nafas dalam-dalam selama beberapa kali dalam tempo lambat akan meningkatkan dirkulasi dalah keotak, dan dapat menurunkan tingkat stres sampai 60%.

Di yayasan seni kehidupan ada beberapa tehnik olah napas yaitu, tehnik pranayama dan sudarshan kriya. dengan kedua tehknik ini, seluruh toksin dalam tubuh dapat diusir sehingga seluruh pikiran negatif dapat hilang. pikiran akan selalu positif dan semangat hidup bangkit kembali.

Tehnik pranayama dilakukan untuk melatih pernapasan panjang. dengan tehnik ini paru-paru dibuka sehingga dapat menyerap oksigen sebanyak mungkin, menekankan pada peraturan irama bernapas dengan perut. gerakannya bervariasi, misalnya tangan dipinggang lalu mengambila napas lewat leher menggunakan saluran tenggorokan. gerakan ini dilakukan 8-10 kali tarikan napas.

Tehnik Sudarshan Kriya, adalah tehnik pernapasan unik yang dikembangkan oleh Sri Sri Ravi Shankar, guru asal Indhia. gerakan tehnik ini bervariasi dari pelan hingga kencang. Bernapas lewat hidung dengan sifat menarik, lalu membuang dangan irama lambat terus cepat. begitu sebaliknya cepat lalu lambat.

Napas adalah benang merah antara pikiran dan tubuh, seperti ritme natural lain dalam alam napas kita juga memiliki irama dengan pola yang spesifik dari waktu ke waktu.

KEBIASAAN # 3


Jurus Food Combining.

Mari Usir Berbagai Penyakit Dengan Pola Makan Alami

Food Combining sesungguhnya bukan merupakan cara baru. pola makan dengan aturan seperti dalam Food combining telah di jalankan oleh suku Esseni, yang hidup di wilayah palestina sekarang, pada 2000 tahun yang lampau.

Hal yang amat ditekankan dalam Food combining adalah penggunaan makanan segar dan alami karena makanan olahan sudah kehilangan unsur alaminya. kalaupun diperkaya kandumgan gizinya , kadar senyawa fitokimiawi alami non-gizi dalam makanan olahan mustahil bisa dipulihkan seperti aslinya.

KEBIASAAN # 4

Jus Enyahkan Racun

Detoksifikasi kerap dihubungkan dengan pengurusan tubuh. padahal makanan jauh lebih luas dari itu.

Tanpa dapat dihindari setiap hari tubuh kita kemasukan racun atau toksin yang terdapat dalam udara yang kita hisap, makanan yang kitamakan sampai air yang kita minum. secara alami tubuh memang akan membuang racun-racun tersebut lewat berbagai sistem pembangan . selama sistem tersebut berjalan dengan baik, maka tubuh kita tidak akan keracunan.

Pada prinsipnya Detoksifikasi membantu organ dan kelenjar tubuh manusia untuk "beristirahat". sehingga dapat memperbaharui sel-sel dan memperbaiki kinerjanya. selama proses Detoksifikasi kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna, sehingga tubuh tidak menggunakan energi untuk mencerna makanan , tetapi betul-betul untuk merontokkan semua racun. lebih baik mengkonsumsi Jus buahatau sayuran setiap dua jam selama tiga hari berturut-turut selama satu bulan, atau selama tujuh hari atau paling tidak setahun tiga kali.


KEBIASAAN # 5.

Tidurlah lebih lelap

Tidur seperti apakah yang dikategorikan sebagai tidur berkualitas? ada tiga hal yang bisa dijadikan patokan, mengalami patokan tidur dalam atau sangat lelap (terjadi sekirar 60-90 menit setelah kita mulai tidur), tidak ada pennyumbatan jalan napas yang berupa dengkuran maupun (berhenti bernapas sementara), dan tidak terbangun selama waktu tidur.

Ada beberapa jurus yang bisa diterapkan untuk membuat tidur kita lelap:

  1. Patuhi jadwal bangun dan tidur
  2. Perhatikan waktu makan
  3. Kontrol makanan
  4. Siapkan fisik
  5. Relaksasi pikiran
  6. Ciptakan suasana nyaman
  7. Jangan memaksa tidur

Susu pengantar Tidur.

Kandungan dasar amino triptophan yang terdapat dalam susu bisa membantu produksi hormon serotonin, yang dapat menenangkan saraf, serta merangsang rasa kantuk. jadi kalau kita tidak bisa tidur, minumlah segelas susu hangat. tubuh akan segera menjadi relaks dan nyaman, rasa kantukpun segera timbul.




Tidak ada komentar: