Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q

Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q
be my self

Senin, 07 Juli 2008

AIDS

Dari Wikipedia Indonesia, Ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia. AIDS adalah akronim dalam bahasa Inggris dari Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Defisiency Syndrome yang merupakan kumpulan berbagai gejala dan infeksi sebagai akibat dari hilangnya sistem kekebalan tubuh karena infeksi Human Immunodefisiensy Virus (HIV). walaupun sudah ada penanganan untuk AIDS dan HIV, obatnya belum diketahui. berbagai faktor yang mempengaruhi adalah kesehatan, fungsi kekebalan, layanan kesehatan dan infeksi lain.

AIDS di perkirakan muncul di Afrika Sub- Sahara pada abad 20 dan sekarang menjadi wabah global. WHO memperkirakan 2,8-3,5, juta jiwa melayang karena AIDS pada tahun 2004. di Negara-negara yang memiliki akses kepenanganan obat antiretroviral, tingkat kematian dan kejadian menurun. namun obat tersebut juga memiliki efek samping seperti lipodystropy , dyslipidaemia , dan penolakan insulin. Hari AIDS sedunia daperingati 1 Desember untuk menumbuhkan kesadaran tehadap wabah AIDS dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

PENULARAN
Sejak awal wabah, tiga jalur penularan HIV sudah diketahui:
  • Jalur seksual, yang menjadi penyebab utama infeksi HIV.
  • J alur darah atau produk darah, yang terutama mengancam pemakai narkoba, orang dengan homophilia, dan penerima transfusi darah.
  • Jalur ibu anak, dengan penularan pada minggu-minggu terakhir kehamilan dan saat kelahiran. Awalnya, tingkat penularan jalur ini adlah 20%. setelah ada penanganan, menurun hingga 1%.
  • HIV juga ditemukan diair liur, air mata, dan air seni orang yang terinfeksi dngan konsentrasi virus yang sangat kecil.
HIV adalah sebuah retrovirus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia- terutama CD4+ T cell dan macrophage komponen vital dari sistem-sistem kekebalan tubuh "tuan rumah " - dan menghancurkan atau merusak fungsi mereka. infeksi dari HIV menyebabkan pengurangan cepat dari sistem kekebalan tubuh,yang menyebabkan kekurangan imun. HIV merupakan penyebab dasar AIDS.

PERKENALAN
Istilah HIV telah digunakan sejak 1986 (Coffin Et Al, 1986 ) sebagai nama untuk Retrovirus yang diusulkan pertama kali sebagai penyebab AIDS oleh Luc Montagnier dari Prancis, yang awalnya menamakannya LAV (Lymphadenopathy Associated Virus ) (Barre sinoussi Et Al 1983 ) dan oleh Robert Gallo dari Amerika Serikat, yang awalnya menamakannya HTLV- III (Human T Limphotropic Virus Tipe III ) (popovic Et Al 1984).

The philogenetic Tree of The Siv and HIV Viruses. HIV adalah anggota dri Genesus L entivirus bagian dari keluarga Retroviridae yang ditandai dengan periode latensi yang panjang dan sebuah sampul lipid dari sel host awal yang mengelilingi sebuah pusat protein / RNA> dua spesis HIV mengiveksi manusia : HIV-1 dan HIV-2. HIV -1 adalah yang lebih "VIRULENT " dan lebih mudah menular dan merupakan sumber dari kebanyakan infeksi HIV diseluruh dunia. HIV -2 kebanyakan masih terkurung di Afrika Barat

kedua spesis berawal dari Afrika barat dan tengah, melompat dari primata manusia dalam sebuah proses yang dikenal sebagai zoonosis. HIV -1 telah berevolusi dari sebuah simian Immunodeficiensy Virus (SIVcpz) yang ditemukan dalam Subspesies Cimpanzee, Pan Troglodyte ( Gao Et Al, 1999 ). HIV-2 melompat spesis dari sbuah srain SIV yang berbeda ditemukan dalam sooty Mangabeis, monyat dunia lama Guinea-Bissau.

PENULARAN
HIV menular melalui hubungan kelamin dan seks oral, atau melalui anus ,trnsfusi darah, pengguna bersama jarum terkontaminasi melalui injeksi obat dan dalam perawatan kesehatan, dan antara ibu dan bayinya selama masa hamil kelahiran dan masa menyusui. UNUAIDS TRNSMISSION. Pengguna pelindung fisik seperti kondom latex dianjurkan untuk mengurangi penularan HIV melalui Seks.

pada akhir 2004 diperkirakan antara 36 hingga 44 juta orang yang hidup dengan HIV . 25 juta diantaranya penduduk Sub- Sahara Afrika. perkiran orang yang terinfeksi HIV diseluruh dunia pada tahun 2004 adalah antara 4,3 juta hingga 6,4 juta orang. wabah ini tidak merata ditempat-tempat tertentu karena ada negara yang lebih menderita dripada yang lainnya. bahkan pada tingkat negarapun ada perbedaan tingkatan infeksi pada daerah-daerah yang berlainan. jumlah orang yang hidup dengan HIV terus meningkat diseluruh bagian dunia meskipun telah dilakukan berbagai langkah pencegahan yang ketat.

Sub-Sahara Afrika merupakan daerah yang paling parah terkena HIV diantara kaum perempuan hamil pada usia 15-24 tahun disejumlah negara disana. ini diduga disebabkan oleh banyaknya penyakit kelamin, praktek menoreh tubuh, transfusi darah dan buruknya tingkat kesehatan dan gizi disana. pada tahun 2000, WHO memperkirakan bahwa 25% unit darah yang ditransfusikan di Afrika tidak ditest untuk HIV, dan bahwa 10% infeksi HIV dibenua itu terjadi lewat darah. Diasia wabah HIV terutama disebabkan oleh pengguna obat bius lewat jarum suntik, hubungan seks baik antar pria maupun dengan pekerja seks komersial, dan pelanggannya serta pasangan seks mereka pencegahannya masih kurang memadai.

STRUKTUR
HIV berbeda dalam struktur dengan retrovirus yang dijelaskan sebelumnya. besarnya sekitar 120 nm dalam diameter ( seper 120 milyar meter - kira-kira 60 kali lebih kecil dari sel darah merah ) dan kasarnya "Spherical ".

PENCEGAHAN

Cara Pecegahan virus HIV:

A. Anda tidak melakukan Seks Bebas (abstinensi)
B. Bersikap saling setia terhadap pasangan, melakukan prinsip,monogami
C. Cegah dengan menggunakan kondom, contohnya kondom lateks
D. Jangan menggunakan jarum suntik Narkoba

Kalau ada yang mau menambahkan isi tulisan ini, saya persilahkan. ditunggu komentarnya.

Tidak ada komentar: