Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q

Blog Ini Adalah Sarana dan Inspirasi Q
be my self

Jumat, 11 Desember 2009

The Golden Gate

Gerbang Timur adalah Gerbang Emas ( The Golden Gate ), dimana di peruntukkan untuk Raja. Yesus memasuki kota Yerusalem melalui gerbang itu dan hal itu telah dinubuatkan ratusan tahun sebelumnya. Saat Yesus memasuki kota Yerusalem melalui gerbang itu sambutan yang luar biasa terjadi atas diri Yesus sebagai Raja yang pada hari- hari berikutnya penderitaan Yesus (minggu sengsara) akan terjadi.

Ada 3 kejadian penting dalam minggu sengsara, yaitu :1. Yesus memasuki kotaYerusalem dan Di Elu-Elukan ( Markus 11:1-11 )Mengapa Yerusalem? sampai saat itu Yesus belum di beritahukan sebagai raja yang telah di nubuatkan dan di nantikan oleh seluruh israel. nama Yerusalam berhubungan dengan :

Yerusalem adalah Nama Kota Raja Israel ( ibukota kerajaan )
Yerusalem adalah kota tempat kediaman Allah Dalam Bait KudusNyaPemazmur mengatakan hal ini dalam mazmur 122: Nyanyian Ziarah Daud tentang Yerusalem sebagai Rumah Tuhan (tempat kediaman Allah) dan dalam Zakaria 9:9 dimana dikatakan tentang Raja Israel yang memasuki Kota Yerusalem dengan mengendarai seekor keledai beban yang muda.Yesus memastikan bahwa Dialah yang dimaksudkan oleh para Nabi dengan nubuatannya.

Ia menggenapinya dan Dialah Raja itu. Yesus adalah keturunan Raja Daud dari silsila Yusuf dan keturunan Imam dari silsilah Maria.Tesus Naik keledai bukan limousine atau kendaraan Perang, hal itu menunjukkan bahwa Dia adalah Raja Damai. Pada zaman dahulu kalau seorang Raja naik kuda perang berarti kerajaannya sedang dalam situasi tidak aman, sebaliknya kalau naik Keledai menunjukkan Bahwa kerajaannya sedang aman sentosa.

Demikian juga Yesus naik keledai karena kerajaannya adalah kerajaan/ pemerintahan yang damai karena dia sendiri adalah Raja Damai.Keledai adalah binatang yang keras kepala, kepala batu, keras hati, tetapi mau dinaiki Yesus karena tahu bahwa Dia adalah Raja dan Tuhan. Bagaimana dengan anda? Alangkah Indahnya Jika ada sesuatu yang dapat anda persembahkan dan di pakai oleh Tuhan.Yesus di muliakan oleh Orang-orang yang sederhana dan seluruh orang

- orang di Yerusalem ( kecuali para Imam dan Ahli Taurat dan yang membenci Yesus ). Bagaimana dengan anda sendiri? sudahkah memuliakan Yesus sebagaimana mestinya? bagaimana kalau Yesus hadir di Greja adakah Sorak sorai, Pujian, tepuk tangn yang Meriah untukNya atau untuk anda sendiri? Marilah itu menjadi renungan kita bersama dan janganlah kita mencuru kemuliaannya. Berilah tempat bagi Yesus untuk di Raja-kan.

2. Yesus Di urapi Dengan Minyak Narwastu ( Yohanes 12:1-8 )
Di rumah Simon yang Kaya itu seorang perempuan datang dengan membawa 1/2 ( kira-kira 1/2 liter) minyak narwastu murni dan dengan linangan air mata yang terus berderai mengurapi kepala dan kaki Yesus dan Menyeka dengan rambutnya sendiri sebagai pengurapan dan pengakuan bahwa Yesus adalah Raja yang telah melepaskan beban hidupnya.

Minyak narwastu yang mahal harganya itu telah dicurahkan dan dipersembahkan untuk sang rajanya dan baunya semerbak memenuhi seluruh ruangan bukan dilakuknan Oleh Simon orang kaya yang telah mengundang Yesus kerumahnya melainkan oleh seorang wanita yang begitu mengasihi Yesus karena telah menjamah hatinya.

ia tidak sayang akan minyak narwastu yang mahal itu yang mungkin didapatkan dengan susah payah dengan uang yang ditabung sedikit demi sedikit. ia merelakan hal yang paling berharga itu dipersembahkan untuk Raja yang di kasihinya.3. Yesus mengadakan perjamuan terakhir dengan para merid-murid-Nya. ( lukas 22:7-13)Yesus memerintahkan untuk menyiapkan pesta paskah di Yerusalem kepada Murid-muridnya dan memberi petunjuk bagaimana dan dimana harus mempersiapkan pesta paskah mereka.

Perayaan paskah yaitu pesta roti yang takberagi ( seminggu kemudian domba jantan umur satu tahun yang tak bercacat disembelih dan darahnya di percikkan dengan maksud pengampunan dosa ) sepert kebiasaan bangsa Israel yang diperintahkan Tuhan kepada Musa.Seorang Wnita membawa kendi berisiair yang ditemui murid-muridNya telah digerakkan Hatinya untuk menyediakan tempat perayaan pesta paskah bagi Yesus dan para MuridNya, yaitu ruangan atas yang sudah lengkap.

Ruangan Upper Room adalah ruangan yang di pakai untuk intim dengan Tuhan. Wnita ini adalah tipe yang Memberkati Tuhan. Ada 2 tipe orang yang ada dalam gereja
Tipe golongan orang : Bless me, yaitu orang yang hanya mau di berkati oleh Tuhan. ( orientasinya berkat melulu). ini merupakan bentuk ke egoisan diri sendiri.

Tipe golongan orang: Bless him people, yaitu orang yang memberkati Tuhan. tipe ini adalah mereka yang memahami menyadari bahwa Tuhan sudah berbuat baik kepada mereka. (mati di kayu salib menebus dosanya) dan mereka rindu untuk membalas kebaikan Tuhan atas hidup mereka dengan berbagai cara dan kesempatan.

Diatas Kayu Salib Bertemu Kasih dan Murka ( yesaya 5:1-6 )Berita salib haruslah menjadi sentral pemberitaan kita umat Kristen melebihi berita natal dan berita-berita yang lainnya.. Berita salib merupakan berita besar dimana karya Agung yang tidak dapat dikerjakan manusia manapun hanya dapat dan telah di kerjakan oleh satu satunya pribadi yang pernah hidup 2000 tahun yang lalu di dunia ini, yaitu oleh Yesus kristua tuhan.

Bagi Dunia berita salib merupakan kebodohan akan tetapi bagi kita yang percaya, berita salib merupakan berita yang sungguh luar biasa dahyatnya dan oleh karenanya kita perlu merenungkan, mensyukuri dan memberitakannya. Mengapa berita salib merupakan berita yang dahsyat bagi kita orang percaya? Mengapa kita perlu merenungkan, mensyukuri dan memberitakannya? Alasannya adalah sebagai berikut :

1. Diatas kayu salib Allah Mau Memberitahukan Kepada Kita Betapa Allah Murka Tehadap Orang Berdosa.Penyaliban Kristusyang mengerikan Di atas kayu salib bukan bukan hanya menunjukkan kasih Allah yang mau menebus dosa. Perhatikan apa yang telah di dapatkan oleh pribadi-pribadi yang telah berbuat dan hidup di dalam dosa.

Sebut saja dosa pertama yang terjadi di surga oleh lusifer , dosa kedua terjadi di Taman Eden ( Hawa dan Aman ). Allah menunjukkan keseriusan keseriusan sikap- Nya terhadap dosa. Hukuman terhadap dosa. Hukuman dan kutuk seperti air bah, pemusnahan Sodom dan Gomora, hukuman terhadap Korah dan Abiram, pembuangan bangsa Israel, masa kesusahan besar selama 7 tahun setesetelah masa pengakatan gereja, dll,,adalah untuk menunjukkan batapa Allah murka terhadap orang berdosa.

Tetapi bersyukurlah kita meliki Allah yang karena kasihNya yang besar telah menimpakan murkaNya bukan kepada kita tetapi kepada AnakNya Yesus. Sudah selayaknya kita memberikan hidup kita bagi dia yang telah menebus dan membeli kita dengan darahNya yang mahal.

2. Di atas kayu salib Allah mau Menunjukkan kepada Kita Bahwa Dosa membuat kita terpisah dengan Allah selama-lamanya.Keterpisahan merupakan hal yang sangat menyakitkan dan membuat kita menangis karena menimbulkan duka yang mendalam. Jika kita saja dapat terluka ketika berpisah dengan orang-orang yang kita kasihi, apalagi sampai tidak bertemu kembali. Apalagi ( bagaimana ) kalau kita terpisah dengan Allah, pribadi yang menciptakan kita . Allah merupakan bagian dari kehidupan kita.

Allah satu-satunya pribadi yang paling pas memenuhi seluruh hidup kita, lebih dari orang-orang yang kita kasihi, oleh karena itu ketika orang masuk hukuman kekal, maka sesungguhnya orang itu akan kehilangan allah selama-lamanya. Hal itu merupakan hukuman yang sangat menyakitkan.

Oleh karena itu teriakan yesus yang berseru : “ eli, Eli lama sabach tani,” merupakan puncak penderitaan yesus. Karena pada saat itu Dia ( sebagai penanggung dosa seluruh umat manusia yang telah di kutuk Allah ) terpisah dari BapaNya ( bapa sangat membenci dan mengutuk dosa sekalipun di tanggung Anak Tunggal yang sangat di kasihiNya), supaya kita tidak terpisah dengan allah untuk selama-lamanya.

Fenomena yang terjadi di bait suci pada waktu jam12 siang waktu Yesus Tergantung di kayu salib: tabir tirai yang menghubungkan ruang Kudus Dengan ruang Maha Kudus terbelah ( robek) dari atas sampai ke bawah. ( bukan karena perbuatan tangan manusia tetapi akibat kuasa salib ), untuk memproklamirkan bahwa dengan karya Kristus orang ( ada jalan ) dapat berjumpa dengan Allah. Setiap saat tanpa harus melalui perantara imam besar lagi.

Yesus telah buka jalan untukberjumpa dengan bapa sorgawi.3. Di atas kayu salib mau menunjukkan bahwa Tidak ada Seorangpun di Dunia yang dapat menjadi korban yang layak dan tak bercacat Di hadapan allah, kecuali Tuhan Yesus. (Galatia 4:4 ; ibrani 10:1-4 )Diatas kayu salib allah mau menunjukkan bahwa Yesus yang menjadi manusia dan sama seperti kita telah menyangkal dirinya untuk tidak berbuat Dosa , agar dapat menjadi korban yang tidak bercacat – cela demi seluruh tuntutan hukum taurat.. di atas kayu salib terdapat komitmen yang tidak terdapat dalam diri seseorang manusia manapun, yaitu komitmen untuk hidup kudus, sempurna tanpa dosa. Suatu ke hidupan yang sangat berat dan mahal. Itu semua dia lakukan untuk menggantikan kita karena kasihnya yang besar.Dalam Whyu 4:1-4 dan ayat 9-11, dimana 24 tua-tua melemparkan mahkotanya , kbanggaannya, hasil kerjanya, di hadapan Kristus.

Mereka melakukannya bahwa mereka sekadar menganggap bahwa hanya untuk Yesus saja segala Hormat dan kemiliaan . lewat karya salib, mari kita sadar bahwa kalau bukan karena kasih Allah yang telah menuntun Kristus untuk mati menebus dosa kita, maka kita akan binasa sampai selama-lamanya. Muliakanlah dia dengan memberikan segenap hidup kita bagi dia.HIDUP DI DALAM IMAN KEBANGKITAN MATIUS 28:1-10Banyak orng takut akan menghadapi kematian tetapi setelah yesus bangkit dari alam maut, maka kematian tidaklah menakutkan lagi bagi orang percaya karena sengat dosa yaitu maut telah dikalahkan oleh kebangkitan Yesus.

Sebagai orng yang percaya kebangkitannya merupakan berkat yang sungguh luar biasa dan sudah seharusnyalah kita menghidupi iman percaya kita akan arti kebangkitanNya bagi Kita.Hidup yang bagaimana yang akan ditunjukkan dalam iman kebangkitan Yesus?1. Memelihara Hidup Kita di dalam percaya dalam iman Percaya Dlam Karya kebangkitanNya.Hidup haruslah seolah-olah hidup selalu memiliki iman kebangkitanNya. Mereka tak percaya kepada pemberitaan wanita-wanita ( Marta ) yang melihat kebangkitan yesus.

Mereka yang adalah murid-murid Yesus sedangkan yang wnita –wanita itu bukan 12 murid-murid Yesus kecuali Yudas Iskariot yang berkhianat. Murid-Murid Yesus iu mendapat Tegoran karena mereka tidak percaya akan berita kebangkitan yang di bawa oleh wanita – wanita yang mengunjungi kubur yesus tersebut. Ketidak percayaan murid-Murid akibat ke degilan Hati Mereka ( keras hati, tidak mau percaya, sebenarnya ketidak percayaan murid-murid itu juga merupakan ketidak percayaan kita.( orang Kristen ) pada masa ini juga , dimana sekalipun kita mengaku percaya , setiap minggu hadir di greja , KTPnya Kristen bahkan Kristen sejak lahir , kita tidak mengenal kuasa Tuhan.

Karena tidak percaya ( kurang percaya ) terhadap iman kebangkitan Kristus maka akan membuat kita tidak dapat pertolongan dari tuhan ( mengalami Tuhan ). Ketika kita menghadapi krisis, Iman kita sering kali tidak ada ( menjadi goyah atau meragukan kuasa Tuhan ) jdi kita harus memelihara iman percaya kita ( memelihara iman kebangkitan Kristus ) dengan sungguh-sungguh.

2. Memelihara Iman Percaya Kita Bahwa Yesus Sudah Mengalahkan Iblis Dan Maut ( 1 kor 15:54-56 ; ibrani 2:12 )
Iblis dan Maut memang sudah dikalahkan oleh yesus terbukti dengan tidak berkuasanya menahan kebangkitannya dari alam maut. Iblis dengan kuasa dosanya ( sengat maut ) telah dikalahkan oleh Yesus. Namun begitu kita sebagai orang percaya seringkali masih merasa takut untuk berada di daerah yang katanya tempat-tempat seram,. Oleh sebab itu kita harus mengimani bahwa Yesus telah mengalahkan Iblis dan Maut.

3. Memelihara Iman Percaya Kita Untuk tetap Bersyukur Kepada Allah ( 1 kor 15:57 ; 1 tes 5:8 )Tuhan mempunyai keinginan supaya kita tetap mengucap syukur selalu karena kebangkitannya. Mengapa?§ Ketika kita mengucap syukur itu berarti kita percaya kebangkitanNya sudah Terjadi§ Ketika kita mengucap syukur kita berterimakasih kepada karya kematianNya buat kita§ Ketika kita mengucap syukur Kita menjalin prsekutuan dengan Dia ( lewat pujian)§ Ketika kita mengucap syukur kita memuliakan dia yang telah berkarya buat kita semua.

Tanda kita dapat mengucap syukur ( kurang mengucap syukur ) akan karya Kristus adalah seperti: sering mengomel / komplain kepada Tuhan, memberi persembahan tidak dengan yang terbaik ( uang persembahan yang sudah kumal atau nyaris angkanya sudah tidak terlihat lagi ) kita menyalahkan suami yang mungkin pendapatannya kurang dan mengomel bukannya mendoakan supaya Tuhan buka jalan.

4. Memelihara Iman Percaya Kita Dengan harus hidup kita Selalu Antusias dalam persekutuan dan Pekerjaan TuhanMat 28:8-9: 1 kor 15:58…………..kata giatlah selalu mencerminkan perasaan Antusias berasal dari kata semangat Tuhan didalam hati kita ( semangat bergelora ) jadi dengan memperingati ( merayakan ) kebangkitan kristus kita harus selalu memelihara hidup kita. hati kita dengan bersemangat dan hal itu menunjukkan tanda bahwa kita mengasihi Tuhan.

Orang yang antusias akan taat akan semua kehendak Tuhan dalam hidupnya dan senantiasa bersemangat.KEMATIAN YANG BERBAHAGIA ( WAHYU 14:13)Hal-hal yang perlu diperhatikanKematian adalah hal yang tidak dapat kita elakkan ( ibrani 9:27)Kematian adalah awal kehidupan yang kekal ( luk 16:19-31) bahwa setiap orang yang mati pasti mengalami penjemputan malaikat, manusia ada 3 unsur tubuh, jiwa, roh.

Orang-orang yang mati di dalam Tuhan adalah orang – orang yang berbahagia.( wahyu 14:13)Kenapa ? karena di dalam Yesus ada hidup yang kekal ( yoh 11:25-26)Apakah yang harus dilakukan agar kita mati berbahagia? Sungguh-sungguh di dalam Tuhan dan setia sampai mati ( mat 24:13; 2 tim 4:7 )Sebelum Yesus di salib dan bangkit:§ Manusia hidup di bawah hokum Taurat§ Agar manusia diampuni dosanya maka setiap manusia akan mempersembahkan korban penebusan dosa.§ Bias dikatakan manusia tidak mempunyai harapan masa depan dan kebangkitan kekal.

Tidak ada komentar: